Peranan Statistik Dalam Penelitian
Awal perkembangan Rancangan Percobaan di dalam bidang
pertanian dan biologi sehingga banyak istilah dari bidang tersebut Misal
Seorang ahli pertanian menanam suatu varietas
tanaman pada beberapa petak (Plots), lalu memberikan pupuk yang tersedia
(Treatment) diamati pengaruh perlakuan yaitu pupuk yang berbeda Satu petak satuan pengamatan hasil Engineering Variabel bebas atau faktor yang mempengaruhi.
Perananan statistik
dalam penelitian adalah sebagai berikut :
1. Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang
diambil dari suatu populasi. Dengan demikian jumlah sampel yang diperlukan
lebih dapat dipertanggung jawabkan.
2. Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen.
Sebelum instrumen digunakan untuk penelitian, maka harus di uji validitas dan
reliabilitas terlebih dahulu.
3. Teknik-teknik untuk menyajikan data, sehingga data lebih
komunikatif. Teknik-teknik penyajian data ini antara lain : Tabel, grafik,
diagram lingkaran dan pictogram.
4. Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis
penelitian yang diajukan. Dalam hal ini statistik yang digunakan antara lain
korelasi, regresi, t-test, anova dan lain-lain.
Pengamat Berulang-ulang
Pengamatan berulang adalah pengamatan yang dilakukan
berulang kali dalam waktu yang berbeda pada suatu objek atau satuan amatan yang
sama, untuk mengetahui keragaman yang timbul pada respon. Banyak percobaan yang
dilakukan baik di lapangan maupun laboratorium, pengukuran respon dari
unit-unit percobaan dilakukan berulang-ulang pada waktu yang berbeda. Misalnya
percobaan melihat pengaruh pemupukan pada tanaman cabe. Perlakuan pemupukan N
yang dicobakan yaitu dosis (0, 100, 200, 300kg/h)
Pengamatan produksi dilakukan beberpa kali panen, misal 3
kali panen pertama. Percobaan pengamatan berulang memerlukan penanganan model
analisis yang lain dari model rancangan dasar agar informasi yang peroleh lebih
luas. Disamping perlakuan yang dicobakan tentunya juga diharapkan mampu melihat
perkembangan/pertumbuhan respon selama penelitian berjalan. Adapun ruang
lingkup bahan pembelajaran 4 ini meliputi percobaan dengan pengamatan berulang
yang mempunyai rancangan dasar faktorial atau disebut faktorial dalam waktu
(Factorial in time).
Keterkaitan modul ini dengan modul lainnya adalah bahwa
modul ini merupakan perluasan dari bahan-bahan pembelajaran sebelumnya, namun
difokuskan pada pengamatan terhadap satuan amatan/unit percobaan berulang kali
dalam waktu yang berbeda untuk mengetahui respon dari satuan atau unit
percobaan tersebut terhadap perlakuan yang diberikan.