Contoh Perencanaan Usaha dan Bisnis yang Strategis [Kedai Kopi]
Contoh Perencanaan Usaha dan Bisnis yang Strategis [Kedai Kopi]
Ilustrasi
Pada era globalisasi ini, konsumerisme kuliner masyarakat Indonesia
semakin tinggi. Membuat dan menjalankan sebuah kafe adalah bisnis yang sangat
menguntungkan antara konsumen dan produsen, untuk itu kami memiliki inisiatif membuat sebuah kafe yang nyaman dan
disukai banyak orang. “La Café” adalah nama yang kami pilih untuk membuat kafe
yang sederhana tapi berkesan luar biasa, walaupun nama “La Café” sangat identik
dengan bahasa Spanyol bukan berarti “La Café” menjual makanan atau minuman khas
Spanyol, justru sebaliknya. Saya menyusun konsep “La Café” ini secara apik
dan bermutu agar orang penasaran dan selalu ingin kembali ke “La Café”
ini.
Perbedaan kafe ini dari kafe lainnya adalah dari segi arsitektur dan menu yang
ditawarkan. Dari segi arsitekur, kafe ini di buat senyaman dan di desain
se-apik mungkin untuk membuat para pelanggan terkesan. Desain yang sederhana
tapi penuh artistik. Menu yang ditawarkan di “La Café” sendiri adalah macam kue
dan beberapa makanan berat asli khas Indonesia tetapi akan dimodifikasi dengan
rasa unik dengan cita rasa yang tinggi yang akan memanjakan lidah para konsumen,
Disajikan dengan bahan-bahan yang berkualitas dan di tata secara menawan
sehingga terkesan seperti makanan mewah di restoran, tidak perlu
mengkhawatirkan soal harga. Menu yang ditawarkan sangat pas diperut dan
dikantong pelanggan.
“La Café” sangat cocok
untuk para remaja hingga yang berumur karena selain harganya bersahabat,
fasilitasnya juga memadai karena tersedia Wi-fi gratis untuk pelanggan dan
stock contact di
beberapa bawah meja. Bisnis kafe ini sangat menjanjikan karena selain tempatnya strategis, “La Café” ini berada
dipusat kota dekat toko-toko
dan restoran-restoran. Dengan begitu saya tidak khawatir akan berkurangnya pelanggan atau bertambahnya pesaing. Dengan ide kreasi kami yang begitu
ingin mempersembahkan yang terbaik untuk konsumen dan tentunya konsumen dapat
menerima “La Café” sebagai tempat favorit mereka. Tempat ini dulunya ruko pada
akhirnya kami sulap menjadi kafe indoor dan outdoor. Kafe indoor di lantai
bawah, sedangkan lantai atas dibuat outdoor, jadi selain menikmati hidangan
juga bisa menikmati pemandangan disekitar.
Disini kami
akan bekerja scepat mungkin agar para konsumen tidak menunggu lama, begitu juga
dengan saya. Saya sebagai pemilik sekaligus manejer akan turun tangan untuk
bekerjasama dengan karyawan lain dan melihat perkembangan usaha “La Café” ini
setiap harinya. Dengan begitu saya dapat mengerti apa kelebihan dan kekurangan
dari kafe ini dan mencoba untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit.
Segmen Pasar
Dalam proses pemasaran kami akan mempromosikan
secara luas untuk menarik para konsumen sebanyak-banyaknya. Selain itu “La
Café” ini akan menjadi kafe yang beda dengan yang lainnya. Sementara itu ada
marketing 4P, yaitu:
1.
Product
Kualitas bahan makanan yang kami buat
berkualitas tinggi dan selalu menjaga kbersihan dari bahan makanan tersebut.
Menu yang kami tawarkan adalah makanan ringan ala Indonesia dan di modifikasi
dengan rasa modern saat ini. Tentu saja rasanya akan unik dan menggugah selera
para konsumen.
2.
Price
Harga
yang kami tawarkan bervariasi dan cukup untuk kantong para remaja mulai dari
Rp. 6.000 sampai dengan Rp. 20.000 saja. Harga tersebut sepadan dengan layanan,
tempat dan fasilitas yang kami tawarkan.
3.
Place
“La
Café” bertempat strategis karena berada ditengah kota dan dapat dijangkau
oleh masyarakat dan desain kafe yang unik dan nyaman terinspirasi dari beberapa
kafe yang berada di Korea selatan.
4.
Promotion
Dengan
kemajuan teknologi saat ini yang berkembang di Indonesia, banyak cara yang akan
dilakukan untuk mempromosikan “La Café” ini. Beberapa contoh seperti
mengiklankan di beberapa jejaring sosial. Menyebarkan brosur ke beberapa tempat
seperti di universitas atau mall. Tiga hari pembukaan pertama
“La
Café” kami akan membuat pertunjukan sederhana seperti 2 karyawan kami akan
memakai kostum panda dan kelinci dan 1 orang karyawan akan mempromosikan “La
Café” ini. Dengan begitu orang-orang sekitar akan tertarik melihatnya dan
mencoba masuk ke “La Café”.
Jenis Usaha
Berikut menu yang kami tawarkan kepada
konsumen:
SNACK:
- · Summer Telo (dibuat dari tela madu dan deberi rasa yang bervariasi)
- · Putu Honhab (putu dengan isian yang bervariasi dengan warna yang berbeda)
- · Ketan Regenbogen (ketan warna warni dengan rasa yang unik)
- · Autumn Latok (Latok dengan saus yougurt kental dan rasa yang lain)
- · Mochikfun (mochi pelangi dengan isian yang bervariasi)
- · Lumpia gres (lumpia dengan isian dan bumbu berbeda)
- · Njamur mur (jamur goreng dengan varian bumbu dan saus)
- · Heichi (terbuat dari tepung dengan isian sayur dan daging)
- · Husi (tahu isi yang berisi bermacam-macam sayur,daging,mie dan sosis)
- · Suscres (terbuat dari usus ayam yang digoreng dan deberi variasi bumbu)
FOOD:
- · Sushi Pecel
- · Sushi Gudek
- · Rolado Ramyeon (daging panggang dibalut dengan mie)
COFFEE:
- · Kopi Svart (kopi hitam khas nusantara)
- · Expresso
- · Cappuchinno
- · Latte
- · Kopi melk (kopi susu krim)
DRINKS:
- · Ppang Ice Cream (ice cream dengan roti)
- · Ice Mikkusu (es campur dengan varian rasa)
- · Cha Lait (teh susu)
- · Ice Lemon
- · Tea real
- · Sun White (es rumput laut plus cendol)
- 1. Mendapat keuntungan dari penjualan makanan dan yang lainnya.
- 2. Melestarikan jajanan asli Indonesia dan memodifikasinya dengan rasa modern.
- 3. Menciptakan kreasi yang berbeda dari kafe lainnya.
- 4. Memberikan pelayanan yang berbeda dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
- 5. Meningkatkan daya tarik produk makanan dan minuman “La Café”.
- 6. Menggunakan sajian yang unik dengan rasa fantastis.
Perencanaan Keuangan
Biaya pembangunan “La Café” Rp. 130.800.000,-
dengan rincian berikut:
1.
Modal
awal
Rp. 130.800.000
2.
Biaya Investasi
-
Sewa lahan per
tahun
Rp. 60.000.000
-
Renovasi
Rp. 20.000.000
-
Kursi, meja, fasilitas
lainnya
Rp. 30.000.000
-
Wifi
Rp. 800.000
-
Peralatan dapur dan
lainnya
Rp. 20.000.000
Sub
Total
Rp. 130.800.000
3.
Biaya Operasional
-
Gaji
menejer
Rp. 2.500.000
-
Gaji 3 baker per bulan @ Rp.
1.500.000
Rp. 4.500.000
-
Gaji 2 pramusaji per bulan @ Rp.
1.300.000
Rp.
2.600.000
-
Gaji 1 kasir per bulan @ Rp.
1.200.000
Rp. 1.200.000
-
Membayar listrik,air dan telepon per
bulan
Rp. 200.000
-
Membayar wifi per
bulan
Rp. 500.000
-
Membeli bahan pokok
makanan
Rp. 4.000.000
-
Biaya
promosi
Rp. 600.000
-
Biaya tak
terduga
Rp. 200.000
Sub
Total
Rp. 16.300.000
Total modal yang diperlukan Rp. 130.800.000
4.
Pendapatan
No.
|
Jenis produk
|
Target penjualan / porsi / hari
|
Target penjualan / bulan
|
1.
|
Snack:
a.
Summer Telo
b.
Putu Honhab
c.
Ketan Regenbogen
d.
Autumn Latok
e.
Mochikfun
f.
Lumpia gres
g.
Njamur mur
h.
Heichi
i.
Husi
j.
Suscres
|
5
10
10
5
12
5
7
7
7
5
|
150
300
300
150
360
150
210
210
210
150
|
2.
|
Food:
a.
Sushi Pecel
b.
Sushi Gudek
c.
Rolado Ramyeon
|
10
10
10
|
300
300
300
|
3.
|
COFFEE:
a.
Kopi Svart
b.
Expresso
c.
Cappuchinno
d.
Latte
e.
Kopi melk
|
5
10
10
10
5
|
150
300
300
300
150
|
4.
|
DRINKS:
a.
Ppang Ice Cream
b.
Ice Mikkusu
c.
Cha Lait
d.
Ice Lemon
e.
Tea real
f.
Sun White
|
7
5
5
7
5
7
|
210
150
150
210
150
210
|
No.
|
Jenis produk
|
Biaya produksi / porsi
|
Harga jual / porsi
|
Pendapatan / porsi
|
Pendapatan / bulan
|
1.
|
Snack:
a.
Summer Telo
b.
Putu Honhab
c.
Ketan Regenbogen
d.
Autumn Latok
e.
Mochikfun
f.
Lumpia gres
g.
Njamur mur
h.
Heichi
i.
Husi
j.
Suscres
|
Rp.
5.000
5.000
3.000
4.000
15.000
5.000
4.000
5.000
4.000
4.500
|
Rp.
9.000
9.000
6.000
8.000
20.000
8.000
8.000
9.000
8.000
7.000
|
Rp.
4.000
4.500
3.000
4.000
5.000
3.000
4.000
4.000
4.000
3.500
|
Rp.
600.000
1.350.000
900.000
600.000
I.800.000
450.000
840.000
840.000
840.000
525.000
|
2.
|
Food:
a.
Sushi Pecel
b.
Sushi Gudek
c.
Rolado Ramyeon
|
10.000
12.000
15.000
|
14.000
16.000
19.000
|
4.000
4.000
4.000
|
1.200.000
1.200.000
1.200.000
|
3.
|
COFFEE:
a.
Kopi Svart
b.
Expresso
c.
Cappuchinno
d.
Latte
e.
Kopi melk
|
8.000
12.000
13.000
12.000
12.000
|
13.000
18.000
17.000
16.000
15.000
|
5.000
6.000
4.000
4.000
3.000
|
750.000
1.800.000
1.200.000
1.200.000
450.000
|
4.
|
DRINKS:
a.
Ppang Ice Cream
b.
Ice Mikkusu
c.
Cha Lait
d.
Ice Lemon
e.
Tea real
f.
Sun White
|
15.000
12.000
9.000
10.000
9.000
10.000
|
20.000
16.000
14.000
17.000
12.000
17.000
|
5.000
4.000
5.000
7.000
3.000
7.000
|
1.050.000
600.000
750.000
1.470.000
450.000
1.470.000
|
Total
|
23.535.000
|
Pendapatan per bulan
Rp. 23.535.000
Biaya operasional per bulan
Rp. 16.300.000
Laba bersih bulan
pertama
Rp.
7.235.000
Perkiraan laba selama 2 bulan
|
||
Bulan 1
|
Bulan 2
|
|
Pendapatan per bulan
|
Rp.
23.535.000
|
Rp
23.535.000
|
Biaya operasional per bulan
|
Rp.
16.300.000
|
Rp.
16.300.000
|
Laba bersih
|
Rp.
7.235.000
|
Rp.
7.235.000
|
Dalam waktu 18 bulan dalam keuntungan tersebut
bisa membalikkan modal awal yang telah kita keluarkan.