-->

5 Strategi Cerdas Menyewakan Apartemen Agar Cepat Untung

Hunian kini tidak hanya berbentuk sebatas rumah. Bangunan berbentuk apartemen juga banyak penggemarnya. Apartemen tidak hanya berfungsi sebagai hunian tempat tinggal namun umum juga digunakan sebagai sarana investasi. Para pemilik apartemen yang tidak tinggal di apartemen biasanya menyewakan apartemen tersebut kepada orang lain. Ada yang membuka sewa harian, bulanan, dan tahunan. 

Strategi Cerdas Menyewakan Apartemen

Usaha penyewaan apartemen ini cukup menjanjikan. Terbukti dengan menjamurnya penyewaan apartemen dimana-mana. Ini membuat para pemilik harus pintar mencari cara dan strategi agar apartemen yang disewakan cepat laku. Perhatikan uraian di bawah ini tentang cara menyewakan apartemen agar cepat untung. 

1. Range Harga 


Sebelum memulai mengiklankan apartemen anda, ada baiknya cari tahu lebih dulu mengenai range harga sewa apartemen. Anda dapat membandingkan harga sewa apartemen dengan apartemen lain yang dekat dengan lokasi anda. 

Tetapkan harga bersaing dan masuk akal. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Harga sewa apartemen Jakarta pada umumnya berkisar antara 8 – 15% per tahun dari harga beli awal apartemen. 

2. Mempersiapkan Kondisi Apartemen Agar Layak Dipromosikan 


5 Strategi Menyewakan Apartemen Agar Cepat Untung

Tampilan bersih sangat penting untuk menarik perhatian calon penyewa. Jangan sampai muncul rupa tembok kusam, atap bocor, dan kondisi kotor saat mengiklankan ruang apartemen yang ingin anda sewakan. Bersedialah untuk mereparasi bagian ruang apartemen yang rusak. Ini untuk mendukung tampilan apartemen anda agar cepat mendapatkan calon penyewa baru. 

Utamakan juga kebersihan kamar mandi. Bagi sebagian tipe orang, kebersihan kamar mandi menjadi hal paling penting dalam menilai kelayakan sebuah tempat tinggal. 

3. Pasang Iklan 


5 Strategi Cerdas Menyewakan Apartemen Agar Cepat Untung

Pasang iklan di situs-situs penyewaan apartemen. Menggunakan jasa agen properti juga dapat anda lakukan untuk membantu proses mengiklankan apartemen anda. Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial mulai dari WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya untuk mempromosikan apartemen anda agar cepat mendapat calon penyewa baru. 

Hal yang pertama dilihat oleh calon penyewa adalah foto-foto keadaan apartemen bukan berapa harga sewa apartemen tersebut. Oleh karena itu tampilkan foto-foto keadaan apartemen semenarik mungkin sehingga calon penyewa tertarik minimal untuk bertanya lebih lanjut tentang apartemen anda. 

Sebagai pihak yang menyewakan tentunya anda juga harus ramah dan mudah dihubungi oleh para calon penyewa apartemen anda agar cepat menemukan calon penyewa apartemen yang tepat. 

4. Fasilitas dan Keunggulan 


Cara Menyewakan Apartemen Agar Cepat Untung

Uraikan semua fasilitas dan keunggulan lain yang tersedia pada apartemen anda. Contoh: fasilitas olah raga yang lengkap, kolam renang, lapangan basket, fasilitas parkir motor/mobil, tingkat keamanan yang baik, dekat dengan kantor polisi, kemudahan akses dengan transportasi umum, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, perkantoran, dll. 

Calon penyewa juga akan lebih suka jika pemilik mau membantu mengurus keperluan administrasi dalam proses penyewaan apartemen. Oleh karena itu, berbaik hatilah sedikit untuk membantu mengurus administrasi yang sedikit rumit. Kedepannya hal ini bisa saja memudahkan anda untuk melanjutkan bisnis sewa apartemen atas rekomendasi dari si penyewa yang telah anda bantu. 

5. Mengurus Perjanjian Sewa 


Jika terjadi kesepakatan antara pemilik dan calon penyewa, saatnya menerbitkan surat perjanjian sewa. Surat ini mencakup persyaratan harga yang harus dibayar, jangka waktu sewa, tata cara jika sewaktu-waktu terjadi perselisihan, dan ketentuan denda jika terlambat membayar. 

Jika semua sudah beres dan disepakati, saatnya calon penyewa mulai pindah ke apartemen tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel