4 Cara Promosi atau Komunikasi Bisnis Yang Ampuh
Promosi adalah elemen ke empat dalam marketing mix. Promosi
didefinisikan sebagai komunikasi yang memberi informasi kepada calon konsumen
mengenai suatu produk, yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan
mendorong mereka untuk membeli.
Ada beberapa elemen promosi yang dikenal sebagai promotional
mix, yaitu:
Advertising
Merupakan alat komunikasi yang sangat ampuh, dapat mencapai
daerah yang sangat jauh, dan sulit dimasuki. Advertising dapat masuk ke
rumah-rumah penduduk tidak mengenal waktu siang atau malam.
Personal selling
Adalah promosi yang dilakukan oleh orang. Misalnya para
penjual di toko, atau penjual dari rumah ke rumah. Jangkauan operasionalnya
sangat terbatas dan biayanya mahal. Akan tetapi personal selling memiliki
keunggulan, yaitu dapat mengetahui keberatan-keberatan yang diajukan oleh
konsumen, mereka dapat berdialog dengan konsumen.
Public relation
Merupakan bagian dari perusahaan yang memberi informasi pada
publik tentang perusahaan dan produk yang dihasilkannya.
Sales promotion
Adalah memberi intensif atau hadiah kepada konsumen, agar
mereka tertarik untuk membeli. Sales promotion mengajak mereka agar mau membeli
sekarang juga.
Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan
kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran.
Tujuan kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi pembeli agar
bersedia membeli harang dan jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkan. Agar
tujuan tersebut tercapai maka setiap perusahaan harus memahami tentang perilaku
konsumen. Setiap manajer pemasaran harus memahami tingkah laku konsumen
sehingga perusahaan dapat mengembangkan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan produk secara lebih baik.
Dasar-dasar pemasaran yang harus kita kuasai meliputi :
- Pemasaran
- Konsep Pemasaran
- Strategi Pemasaran
- Turbo Marketing
- Kebijaksanaan harga
- Promotion atau Komunikasi Bisnis
Oleh karena itu dengan adanya konsep pemasaran yang baik dan
benar, diharapkan dapat diaplikasikan ke dalam kegiatan produksi, distribusi
dan konsumsi yang sebenarnya. Sehingga kegiatan perusahaan berjalan dengan baik
dan semakin baik lagi.