Turbo Marketing dan Kebijaksanaan Harga
Turbo Marketing
Setelah kita melihat orientasi perusahaan dalam menghadapi
saingan melalui evaluasi konsep maka ada pembaharuan terakhir usaha perusahaan
mengatasi saingan melalui strategi turbo marketing.
Sedari dulu perusahaan mengungguli saingan melalui:
1) Perang harga, dengan cara meningkatkan efisiensi, harga
murah, produksi besar-besaran
2) Perang dessain, produk perusahaan tampil beda dari
perusahaan lain. Orang berlomba dalam membuat desain, style, rasa, bentuk, dan
sebagainya
3) Perang kualitas, produk perusahaan diusahakan makin baik,
berkualitas dengan menerapkan Total Quality Control
4) Perusahaan menerapkan strategi turbo marketing, dengan
berusaha menekan waktu sehingga perusahaan lebih unggul dalam hal:
Proses produksi lebih cepat sehingga konsumen tidak
menunggu lama.
Contoh: KA Ekspres, surat kilat khusus, produk mobil terbaru
tidak perlu inden.
Pelayanan lebih cepat sehingga konsumen lebih cepat
melihat hasilnya.
Contoh: cetak foto kilat, fast food, dll.
Kebijaksanaan Harga
Kebijaksanaan harga adalah keputusan mengenai harga-harga
yang akan diikuti untuk jangka waktu tertentu. Kebijaksanaan harga dapat
ditentukan oleh beberapa lembaga seperti:
Produsen
Grosir
Retailer
Pemerintah
Produser dapat membuat kebijaksanaan harga seperti model
skimming price, penetration price. Grosir dapat melakukan kebijaksanaan harga
berdasarkan daerahpembeli, dengan membebankan ongkos transport atau sebaliknya.
Kebijaksanaan harga oleh retailer, lebih banyak variasinya,
yang tujuannya adalah untuk menarik konsumen.
Kebijaksanaan harga pemerintah sebagai pengawas ekonomi di
masyarakat dapat menetapkan harga berdasarkan ceiling price dan floor price.
Price Discount
Kadang-kadang toko eceran menjual barang lebih murah, ini
dimugkinkan karena adanya discount. Discount ini dapat diberikan berdasarkan
jumlah pembelian, karena musim, ada tujuan tertentu perusahaan dan karena
sistem pembayaran.
Promotional Discount
Ada dua tipe promotional discount, yaitu markdowns dan loss
leaders. Markdown discount berarti discount yang diadakan untuk memberanikan
konsumen membeli barang yang sebenarnya tidak ia perlukan.
A loss leader
Ini berarti usaha untuk menjual barang dibawah harga
pokoknya. Agar denagn demikian merangsang orang untuk membeli barang lain.
Pengusaha akan rugi besar bila konsumen yang datang hanya membeli barang loss
leadersaja. Akan tetapi dalam kenyataan konsumen yang datang, juga membeli
barang lain untuk kebutuhan rumah tangga.
Penetapan harga barang baru
Price skimming. Dalam hal ini pengusaha menetapkan harga
setinggi mungkin. Hal iini dimungkinkan karena belum ada barang saingan, dal
barang ditujukan untuk golongan kaya. Barang ini harus mempunya keistimewaan,
dan menimbulkan prestise bagi para konsumennya. Setelah barsng laku, kemudian
harganya berangsur diturunkan, dan keuntungan pengusaha makin berlipat ganda
Penetration pricing. Kabijaksanaan harga ini berlawanan
dengan skimminh price. Barang ini sudah banyak saingan di pasar. Oleh sebab itu
untuk memasuki pasar harganya harus di banting serendah munggkin.
Geographic pricing. Kebijaksanaan harga terakhir adalah yang
memperhatikan ongkos pengiriman. Setelah terjadi penjualan siapakah yang
menanggung biaya pengiriman, apakah penjual atau pembeli, ini disebut
geographic pricing karena mempertimbangkan lokasinya