Manfaat dan Tujuan Perpustakaan Sekolah
Manfaat dan tujuan perpustakaan sekolah tidak boleh
menyimpang dari tugas dan fungsi sekolah di mana perpustakaan bernaung.
Cepatnya perkembangan ilmu pemgetahuan di segala bidang dewasa ini membuat
manusia sadar bahwa tugas sekolah tidak cukup melatih ingatan dan kemahiran
dalam beberapa mata pelajaran saja. Isi pelajaran tidak dapat lagi dibatasi
kepada si buku pelajaran dan metoda mengajar tidak cukup berdasarkan hafalan
dan ingatan. Pendidikan bukan hanya menyampaikan pengetahuan dari guru dan buku
pelajaran kepada anak didik, tetapi juga memberi kesempatan kepada anak didik
untuk ikut aktif dalam usaha memperkaya pengetahuannya dengan usaha sendiri.
Pendidikan di zaman sekarang menginginkan agar mata pelajaran sebanyak mungkin di integrasikan.
Batas-batas antara mata pelajaran yang satu dengan yang lain makin kabur, dan terkadang hilang. Kurikulum tidak lagi dianggap sebagai seri mata-mata pelajaran yang mempunyai batas isi antara yang satu dengan yang lain. Isi pelajaran haruslah lebih mendekati pengalaman-pengalaman hidup yang sebenarnya agar tiap-tiap anak lebih mampu lagi mempersipakan diri untuk hari kemudian. Pelajaran harus mengikuti arah perkembangan anak didik dan dikendalikan oleh daya intelektualnya.
Batas-batas antara mata pelajaran yang satu dengan yang lain makin kabur, dan terkadang hilang. Kurikulum tidak lagi dianggap sebagai seri mata-mata pelajaran yang mempunyai batas isi antara yang satu dengan yang lain. Isi pelajaran haruslah lebih mendekati pengalaman-pengalaman hidup yang sebenarnya agar tiap-tiap anak lebih mampu lagi mempersipakan diri untuk hari kemudian. Pelajaran harus mengikuti arah perkembangan anak didik dan dikendalikan oleh daya intelektualnya.
Pelajaran dalam pendidikan modern lebih banyak memperhatikan
bakat-bakat individual anak-anak. Tetapi ada beberapa bidang pengetahuan dan
kemahiran yang dianggap wajib dikuasai oleh tiap-tiap anak dan sekolah-sekolah
harus mengajarkan mata-mata pelajaran inti ini kepada tiap anak. Setelah para
pelajar makin tinggi kelasnya masingmasing sebaiknya sudah mampu memupuk
bakat-bakat tertentu yang mereka miliki dan memperluas pengetahuan di bidang
yang sesuai dengan bakat masing-masing.
Kurikulum yang hidup dinamis, serta proses belajar yang
berdasarkan integrasi dan koordinasi ini memerlukan sumber-sumber pengetahuan
yang luas dan beraneka : buku pelajaran, buku perpustakaan, berkala, famflet,
gambar, peta, guntingan surat kabar (clippings) dan bahan-bahan audio visual.
Perpustakaan sekolah diadakan bukan hanya sekedar melayani selera para pelajar
untuk membaca bukubuku penglipur lara. Perpustakaan itu harus dapat membantu
para pelajar mengasah otak, memperluas dan memperdalam pengetahuan, melahirkan
kecekatan. Perpustakaan itu harus dapat membantu anak-anak dalam
aktivitas-aktivitas yang kurikuler dan extra-kurikuler. Dengan kata lain perpustakaan sekolah
merupakan satu kesatuan integral (terpadu) dengan alat-alat pendidikan yang
lain.
Secara garis besar manfaat
dan tujuan perpustakaan adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pusat belajar mengajar. Perpustakaan sekolah
berfungsi membantu program pendidikan pada umumnya, serta sesuai dengan tujuan
kurikulum masing-masing. Mengembangkan kemampuan anak menggunakan sumber
informasi. Bagi guru, perpustakaan sekolah merupakan tempat untuk membantu guru
mengajar, juga tempat bagi guru untuk memperkaya pengetahuan.
2. Membantu anak didik memperjelas dan memperluas
pengetahuannya tentang suatu pelajaran di kelas dan mengadakan penelitian di
perpustakaan
3. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca
yang menuju kebiasaan mandiri
4. Membantu anak untuk mengembangkan bakat, minat dan
kegemarannya
5. Membiasakan anak untuk mencari informasi di perpustakaan,
Kemudian anak mencari informasi dalam perpustakaan akan menolongnya kelak dalam
pelajaran selanjutnya
6. Perpustakaan sekolah merupakan tempat memperoleh bahan
rekreasi sehat, melalui buku-buku bacaan fiksi
7. Perpustakaan sekolah memperluas kesempatan belajar bagi
murid murid
Koleksi yang lengkap serta variasi yang cukup, memperluas
kesempatan pada pemakainya untuk menambah cakrawala pengetahuannya. Sebuah
perpustakaan yang batik, dapat memberikan latihan kepada pelajar cara-cara
mencari dan menemukan informasi dalam perpustakaan yang walau bagaimana
besarnya, mereka akan mendapat keterampilan menemukan, menjaring, dan menilai
informasi, kemampuan merekamenarik kesimpulan yang tepat akan terbina.
Keterampilan-keterampilan ini sangat berguna bagai anak
didik di hari kemudian. Kebiasaan belajar sindiri memakai buku, majalah dan
pustaka lainnya akan membawa manfaat besar dalam hidupnya. Dunia yang cepat
maju menginginkan agar orang jangan berhenti belajar setelah meninggalkan
bangku sekolah. Penemuan-penemuan baru tiap tahun menambah pengetahuan manusia
dan ikut merubah hidupnya dan kita mau tidak mau harus berusaha agar dapat,
bukan saja mengikuti perubahan-perubahan itu, tetapi juga ikut sumbangan
terhadap kemajuanmanusia.