Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Perpustakaan Sekolah
Bidang Perpustakaan Sekolah Pusat Pembinaan Perpustakaan
telah mengadakan suatu penelitian tentang keadaan perpustakaan di Indonesia.
Dari penelitian tersebut diperoleh :
1. Banyak sekolah belum menyelenggarakan perpustakaan
2. Banyak perpustakaan sekolah yang belum menyelenggarakan
layanan secara semestinya, dan hanya merupakan tempat penyimpanan buku belaka
3. Ada sejumlah kecil perpustakaan sekolah yang telah
terselenggara secara memadai, tetapi belum jelas mengaitkannya dengan kegiatan
belajar mengajar
4. Keberadaan dan kegiatan perpustakaan sekolah sangat
tergantung dari sikap Kepala Sekolah, karena beliaulah yang memegang
kebijaksanaan dalam pendanaan
5. Tidak adanya tenaga pustakawan yang tetap, kebanyakan
perpustakaan dikelola oleh seorang guru yang setiap saat dapat dimutasikan
6. Pekerjaan pustakawan kurang disukai, dan bahkan dianggap
lebih rendah dari tugas guru. Ada perpustakaan yang pengelolaannya diserahkan
kepada petugas tata usaha
7. Koleksi perpustakaan sekolah umumnya sangat lemah dan
belum terarah
8. Layanan perpustakaan belum dilaksanakan dengan
ketentuanketentuan, karena kurangnya tenaga yang terdidik
9. Sumber dana yang sangat terbatas
10. Banyak sekolah tidak mempunyai ruangan khusus untuk
perpustakaan
Selanjutnya Perpustakaan Sekolah hendaknya membuat murid dan
guru untuk pandai membaca. Pandai menggunakan waktu senggangnya untuk membaca.
Sebab sebenarnya membaca itu membuat kita menjadi cerdas dan memberikan banyak
pengalaman yang sangat berharga.
Kepandaian membaca bisa meningkatkan pengetahuan kita dan
memperlancar jalannya pendidikan yang kita tempuh. Biasanya anak atau orang
yang tidak bisa membaca akan mendapatkan kesukaran dalam sekolah atau
peningkatan memasyarakatan. Murid yang demikian ini kalau di Barat mendapatkan
apa yang disebut dengan “remedial reading”. Atau kalau disini perlu dibimbing
belajar.
Dewasa ini kita dihadpakn kepada sebuah situasi yang aneh.
Kalau kita tinggal diam saja di rumah tidak mau melihat apa yang terjadi di
luar, seakan dunia ini sudah demikian saja berlalu tanpa terasa kekuarangan
suatu apa. Tetapi jika kita mau melihat keluar sejenak, maka kita akan melihat
kemajuan dunia yang berputar semakin pesat, teknologi semakin maju dan
pembangunan yang maha hebat telah dikerjakan oleh sementara orang.
Kalau kita hanya mengikuti yang pertama, kita akan sangat
ketinggalan dan lebih dari itu kita akan digilas oleh pembangunan, tahu-tahu
rumah kita digusur atau sudah jadi abu, karena akan dibangun sebuah usaha atau
industri yang bermanfaat bagi kita. Karena itu kita harus memilih untuk mau
menengok keluar, agar bisa melihat laju pembangunan. Bukan sekedar menjadi
objek pembangunan, tetapi menjadi subjek pembangunan. Memalui profesi
perpustakaan kita ikut ambil bagian, “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
Pembangunan adalah masalah teknologi, dan teknologi adalah
masalah informasi. Sedangkan informasi adalah masalahnya perpustakaan.
Demikianlah yang dapat kami simpulkan, tidak mungkin kita memiliki teknologi
canggih kalau kita tidak memiliki informasinya.
Dalam hal ini kita akan menyorot lebih dalam mengenai salah
satu jenis perpustakaan, yaitu perpustakaan sekolah. Jenis perpustakaan ini
menjadi penting untuk disorot, karena lembaga ini akan memberikan dasar dari
segala dasar. Mengapa demikian ? dari perpustakaan sekolah diharapkan kita bisa
menemukan kembali mutu pendidikan dasar kita, yang notabene akan menjadi dasar
bagi pendidikan berikutnya atau menjadi bekal utama kita dalam menempuh
kehidupan ini. Kita sering mendengar mutu guru yang sudah demikian merosot,
mutu tersebut akan bisa kita tingkatkan kalau kita mau menengok ke
perpustakaan. Dari perpustakaan sekolah ini diharapkan guru mau belajar lagi
membaca apa yang berhubungan dengan masalah belajar mengajar.
Di perpustakaan sekolah anak dapat mengembangkan minat
mereka mencari bacaan dan memperkaya pengalaman melalui bacaan yang tersedia.
Melalui perpustakaan sekolah diharapkan anak dapat mengembangkan keterampilan
untuk mencari informasi untuk keperluan mereka secara mandiri. Mereka kita
berikan wawasan mengenai “era informasi”. Kita jelaskan menegnai “era
globalisasi”. Kita beri tahu cara mengatasi hidup dalam kedua era tersebut.
Bagaimana perpustakaan bisa menjawab kedua tantangan tersebut. Untuk keperluan
itu marilah kita tengok apa yang menjadi fungsi dan tugas perpustakaan sekolah.